Thursday, January 23, 2020

Pre_Test Pertemuan Ke-2 V-Class Pengelolaan Proyek Sistem Informasi

1. Jelaskan Konsep dasar “Pengelolaan Proyek Sistem Informasi” ! Bilamana suatu proyek dikatakan sukses? Apa saja parameternya? Jelaskan!

Proyek dapat diartikan sebagai upaya atau aktivitas yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan, sasaran dan harapan - harapan penting dengan menggunakan anggaran dana serta sumber daya yang tersedia, yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu. Pengelolaan Proyek Sistem Informasi adalah keseluruhan dari rangkaian aktivitas rekayasa pembangunan sistem informasi. Secara umum, terdapat tiga kelompok besar proyek-proyek sistem informasi dalam perusahaan atau organisasi. Kelompok pertama adalah proyek yang bersifat membangun jaringan infrastruktur teknologi informasi. Kelompok kedua adalah berupa penerapan dari paket program aplikasi mulai dari aplikasi yang kecil sampai dengan aplikasi yang terintegrasi. Kelompok ketiga adalah perencanaan dan pengembangan aplikasi yang dibuat sendiri secara khusus, baik oleh internal perusahaan maupun dengan bekerja sama dengan pihak luar seperti konsultan.

Proyek dikatakan sukses apabila:
  • Memiliki sebuah tujuan tertentu
  • Memiliki titik awal dan akhir tertentu
  • Melibatkan beberapa departemen dan profesi
  • Seringkali melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya
  • Spesifik dalam waktu, biaya dan syarat performansi.
Parameternya:
  1. Manusia
    Faktor manusia yang berperan penting ini dinyatakan didalam model kematangan kemampuan manajemen manusia yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan kesiapan suatu sistem informasi didalam memecahkan masalah.
  2. Produk
    Dalam pengembangan manajemen proyek sistem informasi, produk juga memiliki peranan dalam, penentuan ruang lingkup, penentuan obyektif produk, dan pendefinisian solusi alternatif.
  3. Proses
    Pada faktor proses, perlu dipertimbangkan kegiatan layar kerja dari suatu pengembangan software ditentukan. Bermacam tugas, milestone, produk kerja serta poin-poin tentang quality assurance dibahas.
  4. Proyek
    Permasalahan yang hendak diantisipasi adalah biaya proyek yang mengalami pembengkakan dan jadwal penyelesaian proyek yang diperpanjang, serta gagal atau tidaknya sebuah proyek.


2. Jelaskan secara detail “ Project Management Framework”! Berikan contoh untuk masing masing kasus pada “core function” dan “facilitating function!

Project Management Framework merupakan pengaplikasian dari knowledge, skills, tools, dan technique pada aktivitas suatu proyek untuk mencapai kebutuhan/harapan dari seluruh stakeholder yang terlibat dalam proyek SI.

Core Function terdiri dari:

  1. scope management
  2. time management
  3. cost management
  4. quality management
Facilitating Function terdiri dari:

  1. human resource management
  2. communication management
  3. risk management
  4. procurement management

No comments:

Post a Comment