Tuesday, November 8, 2016

Sejarah Alex Ferguson mendapatkan gelar "Sir" (ACHIEVED STATUS)

Achieved Status adalah status sosial yang didapat seseorang karena kerja keras dan usaha yang dilakukannya. Contoh achieved status yaitu seperti harta kekayaan, tingkat pendidikan, pekerjaan, dll.

Salah satu contohnya adalah seorang mantan Pelatih Klub Bola Inggris, Manchester United, Alex Ferguson yang mendapat gelar "Sir" dari Inggris.

"Sir" adalah gelar kehormatan bagi seseorang yang berjasa bagi Kerajaan Inggris, bisa diasosiasikan dengan gelar Ksatria. Panggilan Sir berasal dari bahasa Inggris abad pertengahan sire, dari bahasa Prancis sieur, yang berati penghormatan. Kenapa ia bisa mendapatkan gelar bangsawan dari Inggris padahal Ia warga dari Amerika Serikat?

Beliau bisa mendapat gelar tersebut karena ia telah berjasa bagi Inggris di bidang sepak bola. Alex Ferguson membuat klubnya, Manchester United menjadi klub yang diseganinya, puncaknya ketika Ferguson membawa timnya meraih Treble Winner (3 gelar di kompetisi yang berbeda di musim yang sama) di tahun kompetisi 98/99, serta Manchester United menjadi tim pertama di Inggris yang menyandang 3 gelar juara sekaligus, yaitu Liga Champions, Liga Inggris, dan Piala FA.

Karena alasan itulah kemudian Kerajaan Inggris lewat Ratu Elizabeth II kemudian menganugerahi beliau dengan gelar bangsawan, yaitu "Sir". Maka tak heran jika panggilan Sir begitu akrab dengan Alex Ferguson.

No comments:

Post a Comment