Saturday, June 23, 2018

REVIEW JURNAL PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA TRIP LINTASAN PERHARI CABANG MERAK DAN LAPORAN KE ASDP BERBASIS WEB PADA PT. JEMLA FERRY

Judul Jurnal :
"PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA TRIP LINTASAN PERHARI CABANG MERAK DAN LAPORAN KE ASDP BERBASIS WEB PADA PT. JEMLA FERRY"

Penulis Jurnal :
  1. Saipul Anwar (Teknik Informatika STT NIIT I-TECH) 
  2. Yasin Efendi (Manajemen Informatika AMIK Wahana Mandiri)
  3. Ambi Muhammad Dzuhri (Manajemen Informatika AMIK Wahana Mandiri)

Nama : Maynard Ivananda
NPM : 14116332
Kelas : 2KA32



Halo, disini saya akan mereview jurnal dengan judul "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA TRIP LINTASAN PERHARI CABANG MERAK DAN LAPORAN KE ASDP BERBASIS WEB PADA PT. JEMLA FERRY" yang disusun oleh Saipul Anwar (Teknik Informatika STT NIIT I-TECH), Yasin Efendi dan Ambi Muhammad Dzuhri (Manajemen Informatika AMIK Wahana Mandiri).

Penulis mengawali abstrak dengan 2 bahasa, yaitu bahasa Ingrris dan bahasa Indonesia (disini saya akan membahas dari bahasa Indonesianya saja). PT Jemla Ferry adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi laut beralamat di Jl. Wijaya 1 No. 28 Blok M, Jakarta Selatan. Divisi Operasional dari PT tersebut adalah divisi yang terpenting dikarenakan mereka yang melakukan pengolahan data dari kapal-kapal yang berlintas seperti total perjalanan, jumlah penumpang dan jumlah kendaraan. Dari pengolahan tersebut akan digunakan di setiap cabang PT Jemla Ferry kemudian akan dibuat ke dalam laporan keuangan. Akan terasa lebih mudah melakukan pengolahan data tersebut jika dilakukan dengan sistem komputer, bukan manual lagi. Sebelumnya, PT Jemla Ferry masih menggunakan Microsoft Excel, tapi masih dibilang kurang efektif, maka dari itu penulis-penulis ini membuat "Perancangan Sistem Informasi Data Trip Lintasan Perhari Cabang Merak Pada PT. Jemla Ferry" dengan menggunakan PHP dan MySQL untuk meningkatkan pekerjaan di divisi operasional perusahaan tersebut.

Terdapat 7 Landasan Teori yang digunakan penulis. Pertama "Data", adalah deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi yang tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai. Kedua "Informasi", adalah hasil dari pengolahan data sehingga menjadi informasi yang berguna. Ketiga "Sistem Informasi", adalah sistem yang berisi jaringan sistem pengolahan data, yang dilengkapi dengan kanal-kanal komunikasi yang digunakan dalam sistem organisasi data. Keempat "PHP", adalah bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah web dan bisa digunakan pada dokumen HTML. Bahasa tersebut nanti bisa digunakan untuk menghubungkan database server dan website. Kelima "MySQL" adalah sebuah program pembuat database yang bersifat open source untuk manajemen basis data SQL yang bersifat jaringan sehingga dapat digunakan untuk aplikasi multi user. Keenam "UML", adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak sebuah sistem, mengedepankan penggunaan diagram untuk mendeskripsikan sistem secara visual agar lebih cepat dipahami. Dan yang terakhir adalah "Teknologi Informasi" adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer untuk menyimpan, menganalisa dan mendistribusikan informasi. Dari landasan-landasan tersebut bisa dibilang saling berhubungan untuk perancangan sistem tersebut, terutama penulis mendetailkan di dasarnya dalam landasan, yaitu data, informasi, sistem informasi, dan teknologi informasi, sisanya bersifat teknis mengenai bahasa dan software yang digunakan.

Point berikutnya penulis membahas metode penelitian, dimana langkah-langkah yang dilakukan dalam pengumpulan data, diantaranya:
1. Metode Observasi = penulis bekerja sambil observasi di PT Jemla Ferry untuk memperoleh data yang diperlukan
2. Metode Interview = wawancara dengan narasumber di PT Jemla Ferry bagaimana proses data trip di cabang Merak
3. Metode Pustaka = pengumpulan informasi dari buku-buku, internet, dll
4. Metode Waterfall = fase-fase perencanaan, pemodelan, implementasi dan pengujian

Berikutnya penulis membahas Sistem yang Berjalan, yaitu mempelajari sistem yang ada di PT Jemla Ferry dimana user bekerja beserta mengamati segala permasalahannya. Tujuan dari pembahasan tersebut agar mendapatkan gambaran secara jelas tentang bentuk permasalahan yang ada di PT Jemla Ferry khususnya cabang Merak, untuk menyusun rancangan sistem yang diusulkan. Lalu ada analisa sistem, adalah teknik pemecahan masalah yang menguraikan bagian-bagian komponen tahapan paling awal dari pengembangan sistem yang menjadi fondasi menentukan keberhasilan sistem informasi yang dihasilkan nantinya. Ada 3 langkah dari analisis sistem yaitu analisis permasalahan (masalah apa yang dialami PT Jemla Ferry), analisis kebutuhan sistem (operasional, kinerja, dan keamanan), dan metodologi pemodelan sistem yang berjalan (penggunaan UML).

Setelah itu penulis membahas sistem-sistem yang diusulkan, yaitu:
1. Model Use Case Diagram
secara grafis menggambarkan interaksi antara sistem, sistem eksternal dan pengguna yang akan dibuat. 
2. Model Class Diagram
menggambarkan struktur sistem dari segi pendefinisian kelas-kelas yang akan dibuat untuk membangun sistem. Kelas ini memiliki beberapa atribut dan metode.
3. Model Sequence Diagram
menggambarkan kelakuan/perilaku objek pada usecase dengan mendeskripsikan waktu hidup objek dan pesan yang dikirimkan dan diterima antar objek.
4. Activity Diagram
menggambarkan aliran kerja sebuah sistem bukan apa yang dilakukan aktor, jadi aktivitas yang dilakukan oleh sistem.

Berikutnya penulis memberikan gambar diagram activity dari inputan yang dibutuhkan, mulai dari cabang, pelabuhan, data dermaga, data trip, data kapal, data biaya, data tarif kendaraan, dan edit user. Lalu penulis memberikan gambar rancangan Layout dari format websitenya untuk halaman login admin dan halaman menu. Rancangan terakhir yang diberikan adalah rancangan layar, mengenai bagaimana tampilan website untuk merekam data trip lintasan perhari cabang merak mulai dari input-input yang akan dimasukkan sampai membuat laporan ke ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan).

Selanjutnya, penulis menyampaikan Implementasi yang diusulkan. Dari Deployment Diagram, menunjukkan Sistem Informasi trip dan muatan serta laporan cabang Merak PT. Jemla Ferry berbasis web yang dapat diakses secara bersamaan oleh client dalam hal ini Administrator, untuk mengakses aplikasi yang sudah dibuat tersebut harus menggunakan web browser. Juga disitu disebutkan oleh penulis spesifikasi Hardware dan Software yang dibutuhkan untuk menunjang sistem berjalan dengan optimal untuk Server Production dan Client. Selain Hardware dan Software, dibutuhkan juga Brainware untuk menjalankan sistem tersebut. Brainware adalah faktor manusia yang menangani sistem informasi, ada System Analyst, Database Administrator, Programmer, dan End User.

Dan terakhir, penulis membuat kesimpulan yang berisi bahwa penulis yakin penggunaan aplikasi data trip harian pada cabang Merak tidak perlu memakan waktu lama untuk mendata per harinya dan dapat menghasilkan informasi yang cepat dan akurat, serta dengan penyimpanan yang besar dalam database-database bisa membuat manajemen untuk mengambil keputusan-keputusan yang bijaksana dalam kegiatan pengolahan data tripnya. Serta saran dari penulis, yaitu PT Jemla Ferry dapat mempertimbangkan sistem data trip yang sudah diusulkan oleh penulis untuk bisa digunakan dalam membantu mengatasi permasalahan dengan baik, dan setelah itu sistem tersebut bisa disosialisasikan kepada pihak-pihak PT Jemla Ferry agar bisa melakukan pekerjaan di divisi operasional dengan baik.

No comments:

Post a Comment