Saturday, April 1, 2017

Kaitan Manusia dan Cinta Kasih

Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang yang sangat menaruh belas kasihan. Sehingga cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan adanya belas kasihan.

Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih, cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang dicintai. Cinta sama sekali bukan nafsu. Perbedaan antara cinta dengan nafsu adalah sebagai berikut:
1.Cinta bersifat manusiawi
2.Cinta bersifat rokhaniah sedangkan nafsu bersifat jasmaniah.
3.Cinta menunjukkan perilaku memberi, sedangkan nafsu cenderung menuntut.

Manusia tanpa cinta kasih bagaikan manusia tanpa perasaan dan akan membuat manusia itu berdarah dingin dan tidak peduli dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Manusia dan cinta kasih tidak dapat dipisahkan karena sesuatu hal yang penting dan misalnya terpisahkan maka dunia ini tidak akan seindah seperti sekarang.

Contoh cinta kasih di kehidupan sehari-hari saya adalah ketika adik laki-laki saya membuatkan minuman hangat untuk saya ketika saya sedang mengerjakan tugas kuliah. Hal tersebut menunjukkan merupakan hubungan cinta kasih yang baik antara adik dengan kakaknya.


No comments:

Post a Comment