Sunday, April 30, 2017

Kaitan Manusia dan Keindahan

Keindahan adalah sesuatu yang membuat diri maupun hati manusia terkagum-kagum akan suatu pesona dari manusia, benda, lingkungan tempat tinggal maupun pemandangan alam yang dilihatnya. Keindahan identik dengan sesuatu hal yang manusia tersebut baru melihatnya pertama kali, misalnya manusia tersebut pergi ke suatu tempat di pulau kecil yang jauh dari tempat tinggalnya yang belum pernah ia datangi sebelumnya. Setiap keindahan tergantung pada selera orang masing – masing.

Hubungan manusia dan keindahan adalah karena manusia memiliki akal dan budi. Dengan modal yang telah diberikan kepada manusia itulah akhirnya manusia tidak dapat dipisahkan dengan sesuatu yang disebut dengan keindahan. Dengan akal, manusia memiliki keinginan-keinginan yang menyenangkan (walaupun hanya untuk dirinya sendiri). Hal itu guna mencari nilai-nilai, makna, manfaat, dan tujuan dari suatu penciptaan yang berakhir pada kepuasan, dimana kepuasan ini juga merupakan salah satu indikator dari keindahan.

Contohnya adalah penyelam yang menyelam di dalam laut untuk melihat keindahan yang ada di dalamnya sebagai keindahan yang dilihatnya.

 Manusia dan Keindahan

Sumber: https://corneliaagassi.wordpress.com/2012/11/06/hubungan-manusia-dan-keindahan/

No comments:

Post a Comment