Saturday, April 1, 2017

Kaitan Manusia dan Penderitaan

Penderitaan adalah menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Berbagai kasus penderitaan terdapat dalam kehidupan. Banyaknya macam kasus penderitaan sesuai dengan liku-liku kehidupan manusia. Penderitaan ada dua macam, yaitu secara fisik dan psikis. Penderitaan fisik yang dialami manusia tentu diatasi dengan cara medis untuk mengurangi atau menyembuhkannya, sedangkan penderitan psikis penyembuhannya terletak pada kemampuan si penderita dalam menyelesaikan soal-soal psikik yang dihadapinya, bisa dibilang berurusan dengan mental seseorang.

Manusia kadang kala mengalami kesusahan dalam penghidupannya, dan terkadang sakit jasmaninya akibat tidak dapat memenuhi penghidupannya. Hubungan antara manusia dan penderitaan tidak bisa dipisahkan, karena yang namanya penderitaan setiap manusia akan mendapatkannya, entah itu dampaknya kecil maupun besar. Memang penderitaan itu tidak enak, tapi yang kita bisa pelajari dari penderitaan yang kita dapat adalah bagaimana cara kita menghadapinya, bukan menghindarinya. Perjuangan dalam hidup tidak bisa diraih jika kita tidak mengetahui kesalahan-kesalahan yang kita lakukan dan kita harus memperbaikinya demi hidup yang lebih baik.

Contohnya di kehidupan sehari-hari saya adalah ketika saya mengerjakan tugas kuliah dan baru mau mengerjakan sudah kebingungan dan malas. Tapi saya tidak menyerah, saya harus bisa menghadapinya mulai dari hal-hal kecil sampai yang besar sampai tugas tersebut selesai.



No comments:

Post a Comment